Laptop Touchscreen Lenovo Yoga 6

Pilihan Tepat Laptop Serbabisa

Seperti dalam dunia pekerjaan ada orang yang tipe spesialis hanya ahli di satu bidang dan ada yang tipe generalis ahli di banyak bidang tetapi tidak terlalu mendalam, di dalam dunia laptop juga sama. Nah, laptop Lenovo Yoga 6 ini bisa dibilang adalah laptop generalis karena serba bisa.

laptop touchscreen ini dipakai main game bisa, tampil ringkas dan keren juga. Dijadikan tablet bisa, buat ngetik juga aman. Tetapi, tentunya nilai di masing-masing bagian tidak bisa perfect seperti laptop spesialis. Yuk, langsung saja di-review lengkap.

1.     Desain

Dari segi tampilan, ini bukan laptop paling tipis yang ada di pasaran. Tetapi, cukup tipis untuk dibawa kemana-mana tanpa merasa keberatan dimana ketebalannya 1.7 cm dan bobot 1.3 kg. Charger-nya pun kecil dan enteng hanya 200 gram bikin laptop ini enteng dan super mobile.

Tampilannya gaya banget dengan cover terbuat dari bahan tenun dan mewah berwarna abyss blue, materialnya juga anti air. Ketika mengangkat cover harus pakai dua tangan, jika pakai satu tangan bodinya akan ikut terangkat.

2.     Layar

Layarnya benar-benar fleksibel bisa dilipat hingga 360 derajat. Ukuran layarnya 13.3 inci dengan resolusi full HD panel IPS dengan color gamut 72% NTSC atau 100% sRGB. Brightness maksimal di 300 nits.

Ada juga mode tenda yang cocok untuk ketika kita mau menggambar di atas laptop. Digital pen-nya sudah disediakan yang punya 4096 sensitivitas tekanan. Bisa juga dijadikan mode tablet ya karena sudah touchscreen.

3.     Interior

Di bagian interior laptopnya, kita bisa menemukan beberapa fitur seperti fingerprint reader, TrueBlock privacy shutter ala Lenovo yang bisa menutup webcam 720p-nya secara fisik supaya tidak ada resiko diintip orang.

Speakernya tipe yang menghadap ke atas sehingga langsung nembak suara ke telinga kita agar suaranya lebih bersih. Feel ngetik di keyboard-nya standar, bukan yang terbaik tetapi nyaman untuk mengetik lama.

4.     Mesin

Prosesor yang dipakai sudah termasuk kencang untuk jenis laptop tipis yaitu AMD Ryzen 7 4700u. Untuk urusan grafis menggunakan AMD Radeon.

RAM-nya sudah 16 GB DDR4 3200 yang disolder dan SSD M.2 PCIe 512 GB yang kecepatan bacanya 2400 MBps-an dan tulis di 1800 MBps-an. Koneksi wireleess menggunakan WiFi 6 dan support Bluetooth 6 juga.

5.     Baterai

Baterai laptop ini punya kapasitas 60 Wh tahan sekitar 6-8 jam pemakaian normal.

6.     Performa untuk Gaming

Performa untuk gaming tipis-tipis cukup bagus karena skor Cinebench yang dia dapatkan di 2300an poin untuk multi core dan 460 poin single core. Ini sudah selevel dengan prosesor desktop kelas menengah.

Ketika dipakai untuk main game ringan seperti CS GO masih bisa banget di settingan full HD medium, kita bisa main maksimal di 55-60 fps. Jika main game kelas menengah seperti Genshin Impact, di settingan medium 720 bisa dapat 40an fps, atau kalau mau lebih nyaman turunkan jadi low 720 dan akan dapat 50 fps.

7.     Port

Kekurangan laptop ini ada pada port-nya, semua port USB di laptop ini tipe 3.2 gen 1. Tidak ada port HDMI, ethernet, SD card reader juga tidak ada, jadi kita harus pakai dongle tambahan lagi.

Gara-gara port nya saja sih, jadi PR buat yang berminat untuk pakai. Untuk hal lain-lain sudah palugada banget dan siap pakai: sudah ada Windows 10 Home Pro, Microsoft Office Home & Student 2019, dapat 2 tahun premium care, dan 2 tahun accidental damage protection.