Cerita Warga Berpindah Kereta di Manggarai Saat Libur Panjang

Terlihat Stasiun Manggarai tetap penuh sesak manusia ramai saat libur akhir pekan ini. Semua penumpang KRL terlihat naik dan turun peron untuk berpindah kereta sesuai tujuan masing-masing di stasiun transit tersebut.

Terpantau Jumat 10 Mei 2024, pukul 10.00 WIB, terlihat penumpang berjalan di sekitar Stasiun Manggarai untuk menuju lokasi peron tujuan mereka. Banyak penumpang juga terlihat membawa anak.

Begitupun penumpang yang terlihat bertanya ke petugas untuk memastikan peron keberangkatan keretanya telah sesuai tujuan.

“Cikarang sebelah sini ya, Pak?” tanya salah satu penumpang kepada petugas keamanan yang berjaga di peron.

“Cikarang di sini, Bu,” jawab petugas keamanan.

Salah satu penumpang, Syifa (20), berkata harus pindah kereta di Manggarai karena ingin menuju Jakarta Timur. Dia berkata ingin menghadiri wawancara kerja hari ini.

“Saya ingin ke stasiun Buaran mau interview kerja,” turu Syifa.

Syifa berkata tidak masalah harus interview saat libur panjang. Dia berkata ingin segera mendapatkan pekerjaan.

“Tidak apa-apa kok, karena di rumah juga tidak ada kegiatan, tidak apa-apa, lebih baik cepat dapat pekerjaan,” tambahnya.

Dia mengatakan wawancara hari ini adalah wawancara pertamanya. Dia berharap bisa diterima dan segera bekerja.

“Baru pertama kali mengajukan lamaran kerja. Aku lulusan tahun 2022 tapi baru kerja sekarang,” imbaunya.

Penumpang lainnya, Dita (24), juga harus berpindah kereta di Manggarai demi menuju Cikarang, Bekasi. Dia mengaku ingin berlibur di rumah temannya selama libur panjang.

“Nanti pas mau pulang kampung terlalu singkat, kemarin Lebaran kan udah pulang juga. Sekarang mau nginep aja dirumah teman di Cikarang, karena jarang banget ketemu karena Cikarang – Jakarta lumayan jauh. Jadi sekalian liburan, kangen-kangenan, supaya ngobrolnya puas nanti,” kata Dita.

Dita berkata sengaja naik KRL untuk menghemat biaya transportasi. Dia berkata KRL adalah salah satu transportasi hemat untuk ke Cikarang.

“Soalnya lebih hemat sih, lama tidak apa-apa, tidak dikejar waktu juga kan yang penting sampai Cikarang dengan selamat,” ujarnya.

Ada pula penumpang lainnya yang hendak mengantarkan anaknya liburan ke rumah neneknya di Karawang. Selain untuk menghemat ongkos, KRL juga menyanangkan untuk anak-anak selama perjalanan.